Peningkatan Pelayanan di Puskesmas & Pustu Gadar

SDC11095

Deskripsi

Puskesmas sebagai Unit Pelaksana Tehnis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, bertanggung jawab terhadap pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya, berperan menyelenggarakan upaya kesehatan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar memperoleh derajat kesehatan yang optimal.

Dalam rangka meningkatkan pemerataan dan jangkauan pelayanan kesehatan yang berkualitas, maka pemerintah telah mengembangkan pelayanan kesehatan di Puskesmas. Arah kebijakan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) antara lain diarahkan pada peningkatan jumlah, jaringan dan kualitas Puskesmas serta pemerataan dan peningkatan kualitas fasilitas kesehatan dasar. Pembangunan sarana prasarana juga untuk meningkatkan mutu layanan dan daya saing serta terjalinnya sistem rujukan kesehatan yang efektif dan efisien.

Dalam rangka  meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, maka dipandang perlu untuk mengoptimalkan fungsi puskesmas yang ada, agar segera terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginyanya  di wilayah kerjanya.

Hal ini sejalan dengan RPJMD Provinsi Jawa Timur dan prioritas pembangunan kesehatan serta pengembangan infrastruktur kesehatan Jawa Timur dengan mengacu pada Sistem Kesehatan Provinsi Jawa Timur yaitu peningkatan aksesibilitas masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, serta dapat diakses oleh seluruh masyarakat secara merata dan terjangkau. Hal ini sangat penting untuk peningkatan produktivitas sumber daya manusia, sebab hanya sumber daya manusia yang sehat yang dapat beraktivitas dan mengembangkan diri.

Strategi peningkatan kualitas dan kuantitas fasilitas sarana prasarana pelayanan kesehatan dasar bagi seluruh masyarakat di Jawa Timur dilaksanakan dengan:

  1. Meningkatkan dan mengembangkan puskesmas rawat inap menjadi Puskesmas rawat inap PLUS (Pemberi Layanan Unggulan Spesialis)
  2. Meningkatkan dan mengembangkan puskesmas rawat jalan menjadi puskesmas rawat inap stándar
  3. Meningkatkan dan mengembangkan puskesmas pembantu menjadi puskesmas pembantu layani kegawatdaruratan/emergency dan observasi

Analisis

Puskesmas yang akan ditingkatkan Pelayanan Kesehatannya baik kualitas maupun kuantitasnya adalah:

  • Sesuai dengan  kebutuhan. Masyarakat saat ini memang membutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih baik, yaitu adanya pelayanan spesialistik serta  kegawatdaruratan dan pelayanan observasi secara cepat dan tepat.
  • Lokasi sarana :

1. Puskesmas Pembantu yang jarak dari Puskesmas Induk cukup jauh dengan waktu tempuh  > 30 menit dengan kendaraan roda 4 atau  jarak lebih dari 5 km

2. Puskesmas Pembantu didekat jalan raya atau daerah rawan bencana.

  • Adanya kesiapan Dinas kesehatan Kabupaten/ Kota dan Puskesmas untuk memenuhi standar yang ada.

– Kompetensi dan jumlah SDM

– Standar peralatan

– Standar ruangan

– Biaya operasional

  • Adanya dukungan dari pemerintah Kabupaten dan Kota

– SK dari Bupati/ walikota

– Dana operasional

– Melengkapi sarana dan prasarana

– Regulasi

  •  Adanya dukungan dari Pemerintah Propinsi

– Rekomendasi

– Pembinaan berjenjang

– Mendukung melengkapi sarana dan prasarana

– Regulasi

Puskesmas di Jawa Timur seluruhnya berjumlah 948 unit, terdiri dari 450 puskesmas rawat jalan dan 498 puskesmas rawat inap. sedangkan Puskesmas Pembantu (Pustu) berjumlah 2.274 unit.

Puskesmas rawat inap yang akan ditingkatkan menjadi Plus -dengan memberi layanan unggulan spesialistik- pada 2010 ini meliputi 10 puskesmas di 10 Kab/Kota yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Sidoarjo, Kabupaten Blitar, Kota Mojokerto,  Ngawi, Lamongan dan Jombang.

Adapun kriteria yang digunakan adalah terkait kebutuhan layanan spesialistik dengan mempertimbangkan hal-hal berikut 1) Diutamakan bagi Puskesmas yang sudah melaksanakan PONED (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar) 24 jam, 2) Banyaknya penyakit yang perlu ditangani Dokter spesialis tertentu (yang dibutuhkan), 3) Jumlah kunjungan pasien rawat jalan yang tinggi dan 4) Jumlah penduduk diwilayah kerja  padat.

Adanya kesiapan Dinas kesehatan Kabupaten/ Kota dan Puskesmas untuk memenuhi beberapa hal berikut yaitu 1) Dokter Spesialis ( Bisa dokter tetap, dokter paruh waktu, maupun dokter visitasi 2 kali dalam seminggu), 2) Kompetensi dan jumlah SDM, 3) Standar peralatan, 4) Standar ruangan, 5) Biaya operasional dan 6) Penanganan limbah.

Adanya dukungan dari pemerintah Kabupaten dan Kota berupa 1)SK dari Bupati/ walikota, 2) Dana operasional, 3)Melengkapi sarana dan prasarana serta 4)Regulasi/ Payung Hukum.

Adanya dukungan dari Pemerintah Propinsi dalam bentuk 1)Rekomendasi, 2)Mendukukung dana Operional, 3)Mendukung melengkapi sarana dan prasarana serta 4)Regulasi/Payung Hukum

Dengan ditingkatkannya pelayanan kesehatan di Puskesmas PLUS, maka diharapkan kebutuhan dan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan spesialistik di Puskesmas dapat terpenuhi dan dapat dijangkau oleh masyarakat di wilayah kerja Puskesmas tersebut.

Permasalahan

Permasalahan yang dihadapi untuk Puskesmas Plus adalah tenaga dokter spesialis di Kabupaten/Kota yang jumlahnya sangat terbatas, sehingga pelayanan spesialistik yang diberikan di Puskesmas tidak bisa dilaksanakan setiap hari kerja, maksimal 2 kali dalam seminggu. Sementara itu, pengangkatan dokter spesialis di banyak daerah juga tidak mudah. Hal ini antara lain karena estimasi “pasar” yang tidak menarik bagi sebagian besar dokter spesialis apabila mereka bekerja di daerah, bukan di perkotaan.

Solusi dan Upaya Tindak Lanjut

Membuat MOU antara Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dalam kaitannya kunjungan dokter spesialis ke Puskesmas Plus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s